Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Selasa, 19 April 2016


   Masjid agung demak merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia, yang terletak di Jawa Tengah.yang didirikan oleh 9wali atau wali songo letaknya dipusat kota Demak. Masjid ini didirikan oleh RADEN PATAH bersama WALI SONGO masjid yang karismatik dengan memberi gambar berupa bulus merupakan candra sangkala memet, dengan arti sarira,sunyi,kiblating gusti yang bermakna tahun 1401 saka.
gambar bulus terdiri atas angka 1, 4 kaki berarti angka 4 , badan bulus berarti angka 0 ekor bulus berarti angka 1. Dari simbol ini diperkirakan Masjid Agung Demak berdiri pada tahun 1401 saka. Masjid ini didirikan pada tanggal 1 shafar.
     Soko majapahit, tiang ini berjumlah delapan buah terletak di semrambi masjid. Bend purbakala hadiah dari prabu Brawijaya  V raden kertabumi ini diberikam kepada Raden Fattah ketika menjadi adipati Notoprojo di Gelagahwangi Bintoro Demak 1475 M.
 bentuknya megah ,anggun,indah,mempesona dan berwibawa . Sekarang Masjid Agung Demak digunakan sebagai tempat beribadah dan ziarah .
 Bangunan ini di topang 8 tiang penyangga , dimana 4 diantaranya berhias ukiran motif Majapahit. Luas lantai membujur kekiblat berukuran 15 x 7,30meter .
   Pawestren merupakan bangunan yang khusus dibuat untuk sholat jama'ah wanita.yang dibuat pada zaman K.R.M.A Arya Purbaninggrat ,tercermin dari bentuk dan motif ukiran Maksurah atau KHOLWAT yang menerakan tahun 1866 M.
Penampilan atap limas piramida masjid ini menunjukan akidah islamiah yang terdiri dari 3 bagian yaitu :
Iman ,Islam ,dan Insan . Dimasjid ini juga terdapat "Pintu BLEDEG" bertuliskan "CONDRO SENGKOLO" yang berbunyi nogomulatsaliro wani ,dengan makna tahun 1388 saka atau 1466M atau  887 H.




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Titin Sintia - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -